Wednesday, January 21, 2009

Belajar Tak Kenal Umur | Semangat Belajar


Tuntutlah Ilmu sampai liang lahat, carilah ilmu walaupun sampai negeri Cina. Berbuat sesuatu tanpa ilmu/pengetahuan hanya akan membuat pekerjaan kita sia-sia.

Itulah beberapa kata bijak yang tentunya sudah sering kita dengar. Begitu pentingnya ilmu sampai-sampai Allah SWT berjanji akan meninggikan orang yang berilmu beberapa derajat.

Ilmu tidak harus diraih dari jalur formal, belajar dari kehidupan akan lebih baik jika memang kita mampu menjaga motivasi kita dan mampu mengambil pelajaran dari peristiwa sehari-hari, seperti kisah motivator No 1 Andre Wongso yang SD saja tidak lulus, namun bisa meraih kesuksesan yang luar biasa.


Berangkat dari kesadaran akan pentingnya ilmu, beberapa tahun terakhir ini saya mulai berpikir untuk menambah ilmu lewat jalur formal. Kenapa formal ? tentu sobat semua tahu dengan jalur formal kita mau tidak mau harus mengikuti dan mempelajari materi yang diberikan dan disamping itu ada kita akan dapat temen-temen baru yang men-support proses belajar kita sehingga akan lebih bersemangat dan tujuan menambah ilmu akan lebih mudah tercapai. Meskipun semangat dan motivasi belajar yang terbaik tentunya kalau motivasi itu datang dari diri kita sendiri.

SLTA adalah pendidikan formal terakhir saya saat ini, dan itupun sudah saya selesaikan sekitar 11 tahun yang lalu, artinya aku wis tuwo yoo!!. hahaha. Tetapi usia menurut saya tidak menjadi kendala untuk tetap belajar formal. Setelah mencari informasi sana-sini akhirnya ada satu lembaga pendidikan yang saya rasa cocok untuk kondisi saya saat ini.

Universitas Terbuka (UT), satu-satunya universitas negeri dengan metode belajar jarak jauh. UT sangat cocok bagi kita yang tidak punya waktu tetap dan sibuk dengan pekerjaan rutin. Waktu belajar bisa kita atur sesuai kemauan kita, bisa pagi, siang, maupun malam.

Tidak terasa 2,5 tahun sudah saya belajar bersama UT, alhamdulillah secara keilmuan tidak berbeda dengan universitas negeri lainnya, modul ditulis oleh ahlinya dibidang matakuliah masing-masing yang didesain sedemikian rupa so bisa dipelajari dan dipahami secara mandiri. Jika ada hal yang tidak kita pahami bisa langsung ditanyakan ke tutor lewat email, ataupun secara bersama-sama menjadualkan tutorial tatap muka dengan sang dosen..

Belajar tak kenal umur, belajar sepanjang hayat

Bagi sobat yang beruntung bisa kuliah reguler bersyukurlah, masih banyak sobat yang lain yang mendambakan namun tidak bisa kesampaian karena berbagai alasan, terutama masalah finansial. Gunakan kesempatan sobat sebaik-baiknya dan raihlah ilmu sebanyak-banyaknya, insyaAllah suatu saat pasti kan berguna.

Bagi sobat yang senasib dengan saya, jangan patah semangat masih banyak jalan menuju roma, banyak lembaga formal yang bisa menampung keinginan belajar kita, mari kita up-grade diri kita dengan pendidikan. Meskipun kita tidak seberuntung yang lain, semangat belajar jangan sampai kendor, semangat, manage dan sukses buat kita semua…


6 komentar:

Anonymous said...

Yups benar itu bro tak dukung deh

jpurnomo said...

Benar mas, tidak ada kata cukup buat mencari ilmu...

Trims udah mampir ketempatku

Salam
GARDU BISNIS

xitalho said...

Salut pak... semangat anda patut di contoh

Kahono said...

@tanpa nama,
Thx dah berkunjung

@jpurnomo
Trim juga dah berkunjung balik, tambah semangat nii..

@xitalho
Saya juga hanya mencontoh yang lebih senior, makasih jadi malu nii

Blog Competition 2009 said...

mencontoh jg g buruk kok, asal yg baek2

Kahono said...

@Blog Competition 2009
Makasih dah mampir, benar Bro kita contoh yang baik-baik aja, kompetisi apa ni? ke tkp ah

Post a Comment