Wednesday, December 23, 2009

Menjalankan Install Operamini di Komputer/PC/Laptop dengan Java Emulator



Operamini di Komputer/Laptop/PC


Lama banget blog ini gak keurus karena ada kesibukan lain yang lebih prioritas. Namun atas dukungan dari seorang sahabat Mas Hoho aku coba mulai mengurus lagi blog yang beberapa bulan ini vacum.



Dari sebuah keinginan untuk mengirit pulsa dan mempelajari tentang sesuatu, aku bermaksud menyimpan beberapa halaman forum ke handphone/HP supaya bisa aku baca disaat ada waktu senggang dimanapun berada. Mencoba save page dari Operamini versi 4.2 lengkap dengan high quality image, dihitung2 cukup mahal kekeke.. dasar pengiritan. Satu halam forum rata2 250Kb dengan pulsa mentari ~ 250 rupiah, padahal yang mau disimpan sekitar 100 halaman.. wah 25 ribu sendiri nii.. kekekeke.


Muncullah ide gimana kalau download lewat pc pakai Operamini dan dipindah ke HP, wuih menarik juga ni, sekaligus menantang. Tanya sana sini ama mbah Google akhirnya nemu beberapa sumber baik yang bahasa Inggris maupun di klub penguuna operamini Indonesia. Singkatnya urutan supaya Operamini bisa jalan di PC kita harus install java emulator, bisa pakai SJboyemulator atau micromulator selanjutnya jalankan Operamini menggunakan Java Emulator tersebut.



Langkah yang perlu dilakukan :

1. Kunjungi http://microemu.org/

download microemulator versi yang terakhir.


2.ekstrak filenya ke folder tertentu, biar mudah saya anggap di C:/Program Files/microemulator-2.0.2 (yang saya download berupa file tar.gz, saya menggunakan izarc/winrar untuk ekstrak file ini)

3.Download Opera Mini mini.jad and mini.jar dari operamini.com
Simpan file .jad dan .jar di folder apps microemulator (C:/Program Files/microemulator-2.0.2/apps)

Memulai dan konfigurasi:

1. double-click "microemulator.jar". atau ketik "java -jar microemulator.jar" di console (Command Prompt). (Anda harus memiliki JRE agar bisa menjalankan ini)
2. lalu ke "Options > Select device", klik "Add...", terus ke "microemulator\devices" pilih "microemu-device-resizable.jar"
3. pilih "Resizable device" lalu "Set as default"
4. klik "Resize" dan masukan ukuran yang anda inginkan (misal sesuai ukuran monitor anda)
5. trus "File > Open JAD" pilih opera mini jad yang tadi kamu download
6. "Opera Mini" muncul di daftar, klik "Start" untuk meluncur ke dunia Maia!

Source : my.operamini.com/id

7 komentar:

arkum said...

Wah ilmu baru nih dari ms Ono,coba tk praktek'in sgr.Oh y, salam kenal ms dari saya,Arkum

made gelgel said...

belum pernah coba sih mas, soalnya internetnya udah pake PC

Anonymous said...

mas,,kira kira bisa jalan dengan koneksi wireles punya laptop gak?

endar said...

pengen nyoba. bookmark dulu

7 Tips Menang SEO said...

terimaksih ya.. begus bgt postingnya, saya kebetulan lagu mencari cara ini, supaya hemat pulsa jg. hehehee

Anonymous said...

Ada gak yyyy langsung instal OperaMini ke PC tanpa sarat-sarat lagi....He...he...he....

aboutsymbian symbian said...

mantap gan kalo pake handler cara srtting proxinya di mana?

Post a Comment