Saturday, January 10, 2009

Menulis Itu Susah yaaa…


Bener nggak judul diatas ? Jujur aku akui menulis itu sulit buat ku gimana dengan anda ? Beberapa hari ini aku coba mencari tutorial menulis, trik menulis, tips menulis, kiat menulis, tips menulis blog dan kata sejenis pokoknya yang ada hubungannya dengan menulis di blog. Banyak sekali pendapat tentang cara menulis yang baik, bahkan sampai ada sekolah online-nya lho.

Setelah baca sini-situ malah jadi bingung yang mana yang perlu diikuti dulu, karena saking banyaknya pendapat mengenai cara menulis di blog. Akhirnya beberapa hari saya malah gak nulis apa-apa, ketungkul baca-baca terus tanpa praktek.

Dari baca-baca itu aku dapet beberapa point yang nyantel di benakku :

Mulailah nulis dari pengalaman pribadi
Ini salah satu yang cocok bagi pemula seperti aku ini, setiap orang pasti mempunyai pengalaman hidup, perjalanan hidup dari kecil sampai kita hari ini, ini merupakan sumber inspirasi menulis yang tidak ada habis-habisnya. Bisa kita tulis tentang masa kecil kita, waktu sekolah dari TK sampai sekarang. Atau mengenang temen-temen kecil kita dulu dan sekarang sudah pada jadi orang gede-an, gimana perjuangan mereka atau lebih cocok lagi gimana perjuangan kita sendiri hingga saat ini bisa baca blog ini hehe..

Menulis dari hal kecil yang kita hadapi sehari-hari
Mungkin saat kita berangkat ke kantor, atau kuliah, sekolah tentu melihat banyak kejadian di jalan, ada yang langgar lampu merah, ada yang nggak pakai helm, ada yang naik angkot, ada polisi sedang jaga, ada pedagang, sopir kernet dan masih banyak lagi. Hal-hal kecil tadi bisa menjadi sumber inspirasi/bahan tulisan kita. Walaupun sederhana kalau dikupas dengan baik bisa menjadi tulisan yang berkualitas.. begitu kata tutorial yang ku baca (hehe teori..)

Sudut Pandang Lain
Mencoba menulis dari sudut pandang berbeda dengan orang lain, memang sulit aku sendiri lagi nyoba-nyoba nii.. kita coba suatu kejadian di pandang dari sudut berbeda dari pandagan kebanyakan orang. Misal kita lihat seorang peminta-minta, pernahkan kita berpikir dari sudut pandang mereka? Mengapa menjadi pengemis ? dan bagaimana kehidupan pengemis ? Mereka tentu memandang kita sebagai orang yang sangat beruntung, punya kehidupan yang tentunya lebih baik, namun mereka juga bisa saja terheran-heran kenapa orang seperti kita masih enggan memberikan sebagian kecil rejeki bahkan sangat kecil kepada mereka.. bukannya itu hanya uang receh kembalian dari mall, supermarket, beli rokok dll… hehe malah ngantur. Pokoknya coba kita kupas dari sudut yang berbeda.

Just do it
Yang terakhir yang aku ingat dan ini menurut aku yang terpenting dan yang sedang aku lakukan Just DO It, nulis gak perlu pikir-pikir, nulis apa aja yang ada di kepala. Tidak usah risau dengan hasilnya, tidak usah banyak data pokoknya tuangkan saja dalam keyboard apa yang ada di benak kita. Dari beberapa tips diatas, JUST DO IT adalah tips favoritku, dan akhirnya blog ini bisa terisi lagi… Ayooo menulis..


NB: Ada yang ketinggalan, sebelum kita posting coba koreksi dulu tulisan kita, terutama kesalah ketik, jangan sampai yang baca terganggu tidak enjoy hanya gara-gara salah ketik.


4 komentar:

Bila said...

Setujuu.. nulis memang sulit mas, tapi kalau kita tekun lama-lama biasa koq

adi wardana said...

gampang2 susah tapi kalau ulis terus akhirnya jadi jago juga

Kahono said...

@Bila
Gitu ya.. rajin nulis ahhh

@adi wardana
Mesti banyak belajr ni sama Mas Adi

monster high games said...

Thank you for another wonferdul article. Where else could anyone get that kind of information in such an ideal way of writing? I have a presentation next week, and I am on the look for such information.
cool math games| coolmathgames| cool math| math games| cool math a-z| coolmath games
b cubed| b-cubed| barbie games| friv 4 school| friv4school| free online games

Post a Comment