Thursday, January 29, 2009

Merancang Masa Depan / Hari tua


Beberapa hari yang lalu saya ikut datang di acara perpisahan dengan salah satu middle Bos yang mengundurkan diri dari Perusahaan tempat aku kerja. Acara cukup sederhana diresto kecil dan menunya pun menurut aku tidak istimewa. Bukan masalah menu makanan yang ingin aku share disini, ada satu yang terasa menampar, menggugah tidur nyenyakku.

Saat beberapa rekan diminta kesan dan pesan cerita yang muncul seperti biasa yang lucu-lucu, konyol dan ada juga yang membuat marah. Pokoknya kenangan bersama middle Bos yang tak terlupakan.

Sebagai personal yang sudah mapan, sungguh sayang sekali
mengundurkan diri dari posisi aman nyaman, begitu yang terlintas dipikiranku. Hal itu ternyata dirasakan juga oleh Pak Bos ini, saat diminta kesan dan pesannya dia menyampaikan yang initinya :

“Sebenarnya saya berat untuk keluar dari perusahaan ini, yang kita semua tahu sangat enak kerja disini, namun sejak kecil saya punya impian yang harus saya wujudkan” kata Pak Bos itu. Sesekali menghela nafas dia melanjutkan “Impian kecil saya adalah : Saya harus sukses dan mempunyai usaha sendiri tidak selamanya ikut orang!! Kita sebagai karyawan punya limit umur, kalau tidak dipikir dari sekarang mau kapan lagi ? tidak mungkin memulai usaha setelah kita pensiun, terlambat !! mumpung masih muda mari kita rintis usaha sendiri dan saat tua nanti kita bisa menuai hasil. Pensiaun dengan tenang nyaman dan kecukupan “

Begitulah kira-kira yang disampaikan oleh Pak Bos ini, dia baru berumur 43 tahun sungguh usia matang kalau dilihat dari perjalanan kariernya. Sesampai dirumah saya merenungkan pesan Pak Bos ini, dan sungguh seolah mendapat sebuah tamparan, kenapa aku tak berpikir sejauh itu? Padahal gajiku sebagai kuli pabrik sungguh jauh dari mapan (namun dalam hati tetap bersyukur Alhamdulillah masih dapat income, masih banyak dibawah aku ??…) namun kenapa belum melangkah kearah sana ??

Satu pelajaran yang aku ambil dari acara itu, kita harus siapkan masa depan lebih baik dari sekarang, punya usaha sendiri, toko klontong, warnet, bisnis online, agen minyak tanah, jualan pulsa ?? koq semua dah banyak saingannya yaaa!!! Wah bingung mau merintis usaha apa…

Mungkin saat ini aku memang belum punya gambaran yang jelas untuk masa tuaku, namun sambil jalan aku kan mencari pelunag itu, ya Allah tunjukkan jalan menuju kesana.. Semoga apa yang ada dibenakku ini tidak hanya menjadi keinginan yang terendam namun bisa terlaksanakan... amien.


23 komentar:

Bawor said...

Nyong merancang golet bojo disitlah.......

bukan bos said...

bener sekali pesen pak bos itu.
dodolan mendoan bae apa...

Kahono said...

@Bawor
Makasih Kng dah mampir, golet bojo sing solehah yo Kang, ora gela mburi..

@bukan bos
Kang Endar apa wis merintis yaa? ketone wis teang pisan

pingin ngeblog said...

@Bawor = rumangsane nyong, toli rika golet bojo baen...he..he.. di tunggu kiyeh undangane.

Kahono said...

@Bawor & pengin ngeblog
iya Kang Bawor, cepetan bisa entong stock-ke lhoo..

Wonge Dhewek said...

Mbojo dhisit ramane...

Wong2 pada ngomong, angger arep kepenak ya usaha dhewek, dodol mendoan apa sroto kaya kuwe. Lha modale sekang endi? Ya kerja disit, tapi aja kerja maring wong selawase. Kaya kuwe ya hikmaeh postingan kiye?

www.katobengke.com said...

wah mantap bangat perencanaanya.....

alifahru said...

aku dimasa tuaku pingin beternak dan berkebun bunga.... bunga bank maksudnya... :)

Kahono said...

@Wonge Dhewek
lha kaya kuwe maksude nyonk, suwun wis de jelasna maning

@www.katobengke.com
makasih mas dah mampir

@alifahru
inyang juga gelem kuwi kang.. bunga bank maksude duwit halal mbok!

namaku wendy said...

semangat mas..semangat terus semoga yg dicita-citakan segera terwujud yah, amin:)

R-9 said...

Saya juga nggak betah kalo kerja sama orang, mending jadi bosnya..

Atca said...

Memang lebih enak menjadi bos untuk diri sendiri..makanya aku milih bisnis he..he..

Makasih mas sudah mampir keblogku..salam kenal yahh

chokichim said...

ho o mas...betul sekali..untung akoe kerja juga sambil dagang..manfaatnya buat hari tua kelak dan anak-cucu kelak...btw, salam kenal...mau tau bakso jamur?mampir ke blog akoe ya..makasich

Kristanto said...

Hehehe nice post pak,
Btw semangat blogging kobarkan!!

Kahono said...

@namaku wendy
Amiin Mas, terima kasih semoga cita2 Mas Wndy juga bisa terwujud

@R-9
Maunya si gitu, apa daya?? namun ttap harus berusaha..

@Atca
Wah bisa ikut bisnisnya Mbak?
Salam kenal juga makasih dah berkunjung

@Chokixhim
Chokichim..susah amat sampai salah tulis
Semamat Mas kalu njenegan sudah lebih culu melangkah, bisa bagi2 ilmunya donk.. langsung ke tkp

@Kristanto
Iya nii lagi kabur smua idenya.. so sori belum tambah psting

life choice said...

jadi inget sebuat postingan di-blogku..

http://lifechoice.wordpress.com/2009/02/03/pengusaha-vs-pegawai/

Kahono said...

@life choice
Saling melengkapi ya .. thx dah mampir

yulius said...

iya neh mas saya msih jadi karyawan di usia 30

elly.s said...

iya, bener tuh pak bos..ayo semua mulailah dai sekarang....

Kahono said...

@yulius
senasib ni mas, thx dah mampir

@elly.s
kasih ide donk, usaha apa gitu?

BLOG MOTIVASI ARIEF said...

wah rame mas budi komentarnya. Congrats.
Artikel sejenis juga pernah saya posting. mungkin bisa juga menjadi bahan referensi.

http://ariefmaulana.com/2009/02/merancang-masa-depan-anda-saat-ini/

hmcahyo said...

nice posting :D

elly.s said...

maaf mas kahono...
saya memang lom pasang link dikau..
hehehehehe

ntar aq pasang ya...janji!
makasih udah sering2 mampir...

kok lom apdet2 nih..
SB nya juga mana kokgak kliatan..
kitakan ibu2 yg demen tereak2 kalo lewat hahahahah...

Post a Comment