Monday, June 1, 2009

Maha Kasih dan Sayangnya Engkau ke padaku tapi aku tak sadar

Buku Manual

Waktu servis motor ke bengkel resmi, aku sempat ngobrol sama teknisi disana mengenai cara merawat motor agar awet dan enak dipakai. Dari mulai hal kecil seperti pelumasan rantai, cek kekencangan rantai, kampas rem, cek air accu, sampai servis rutin setiap 2.000 km. Yang intinya selalu ikuti petunjuk dibuku manual untuk menjamin bahwa motor awet dan selalu enak dipakai.

 

Setiap produsen motor senantiasa melengkapi produk buatannya dengan cara perawatan dan pemakaian, supaya pemakai tidak bingung dalam menjalankan maupun merawat motor yang dibeli. Demikian juga aku….

 

Buku Manual ku

Beberapa hari aku merenungkan kehidupan ku selama ini, jalan yang telah aku lalui, tingkah laku yang aku lakukan, rutinitas keseharian, kebiasaan dan kecenderunganku, seolah aku keluar dari diriku dan melihat aku dari ketinggian, dan akhirnya bisa tergambar pola kehidupanku selama beberapa tahun terakhir.

 

Dari perenungan ini, ternyata banyak sekali sisi kelemahan dan kekurangan yang ada dalam diriku yang dalam keadaan normal tidak aku sadari. Sampai pada kesimpulan ternyata selama ini aku belum berjalan sesuai petunjuk Yang Punya Hidup, Pencipta ku dan Pembuat buku manual ku

 

Ibarat motor diatas, aku diciptakan lengkap dengan buku manual, petunjuk penggunaan dan perawatan. Tentunya buku itu dibuat untuk kebaikan dan keselamatan aku, sayangnya aku sendiri jarang  menbaca dan mempelajarinya.. Ya Allah ampuni hambamu ini..

 

Ya Allah.. apakah aku yang sudah terlalu lama tidak mengikuti saran dan petunjuk Mu, masih diberi kesempatan berjalan lurus kembali??.. Terlalu banyak kerak dan kotoran yang melekat dan mengalir dalam darah dan daging ini.. apa masih mungkin bisa dibesihkan kotoran ini.. sungguh malu jika ku ingat betapa kotor dan bau badan ini..

 

Manualku menulis supaya aku bangun pagi2 dan berdialog denganMu, namun apa yang aku lakukan ??  Siang hari seruanMu memanggilku namun apa yang aku lakukan??.. Menjelang sore kembali Engkau memanggilku dengan KesabaranMu.. apa yang aku lakukan??  Saat matahari terbenam panggilan kasih sayangMu aku dengar.. apa yang aku lakukan?? Malam Engkau masih mengasihiku, kumandang keAgunganMu mengusik telinga.. apa yang aku lakukan??  Duh Ya Allah.. dari sisi ini saja sudah tergambar betapa aku bandel tak mengikuti saran dan nasehatMu.. apakah masih ada kesempatan tuk hilangkan kotoran ini, tuk merubah kebiasaanku??

 

Dalam relung diri yang terdalam, masih ada jeritan kenapa aku tidak mengikuti petunjuk, kenapa aku berat melakukannya, padahal diri inisudah diberi kemampuan, kelengkapan jasmani, kesehatan akal pikiran, kekuatan fisik dan semua yang mendukung pelaksaan itu semua. Ya Allah jangan ambil fasilitas itu semua.. beri kesempatan tuk mulai kembali meniti jalanMu..

 

Aku yakin Engkau Maha Pemaaf.. dan Dzat Yang Paling Pemaaf.. buktinya Kau buat buku petunjuk untukku.. pelan dan kucoba untuk konsisten  mulai detik ini.. aku akan berusaha membaca kembali buku petunjukku dan mengikuti apa kata dan saranMu supaya diri ini bisa normal kembali..dihadapanMu

 

Bantuan dan BimbinganMu senantiasa aku harapkan, dan mohon buat dan jaga aku untuk konsisten, istiqomah dalam mengikuti buku petunjukMu..

Betapa Kau Mengasihiku namun maafkan aku yang tak menyadarinya.

 

Ya Allah .. istiqomahkan aku dalam meniti jalanMu.. dan Ketaatan kepadaMu.. Amin.

 

 

 

 

 

 

14 komentar:

Kristanto said...

Amiien semoga hidayah-Nya terus menerangi setiap langkah Anda Kang...
Sukses dunia akhirat pokoknya...

endar said...

tulisan ini seolah-olah menampar mukaku untuk selalu mengingat kepada yang punya hidup

Blog Motivasi Arief said...

wah ini pencerahan yg luar biasa. Ditengah ketidakberimbangan antara dunia - akhirat, mas bisa jadi seorang pengingat yg baik buat kita2.

Salam Sukses,

Mampir Ngombe said...

Jan pancen nikmat sing wis dirasakna menungsa kwe akeh banget, bangeting akeh ora bisa dietung.

Kadang yang kita lihat adalah yang diatas kita, padahal yang dibwah kita masih banyak yg lebih sengsara, yang akan mmbuat kita sllu bersyukur dan bersyukur.....

Jadi sering2 lah lihat ke bawah....

kaka said...

Thanks udah mampir di blog akuh

Regy said...

Kunjugan Malam nih,, kunjungin blog aku juga donx,, http://regy8.blogspot.com

nice articles...

fitri alifah said...

amin...
merasa kecil sekali dihadapanNya....
semoga kita termasuk orang-orang yang senantiasa bersyukur atas semua yang Allah anugerahkan pada kita

ikut Alnect Komputer Blog Contest Periode I yuk hadiahnya keren2 klik ajah

De_Trainer said...

Amin, belajar dari kesalahan bro...

Hm... gak ada shoutbox kurang enak blog walkingnya.

Salam FX http://tradiary.blogspot.com

superuser17 said...

sebuah artikel yg menggugah jiwa...thanks..oya..pasang donk shoutbox biar enak blogwalkingnya...qqqqq

edylaw said...

Merenungi masa lalu bisa menjadikan kita lebih dewasa dalam mengambil keputusan
nice posting

hmcahyo said...

makasih dah ke blog saya :)

Mampir Ngombe said...

ya wis tangi lah kang....
minyak asiri si neng ngendi kang...?

Ayas Tasli Wiguna said...

duh jadi malu sendiri ne saia TT
amin ya allah

Kahono said...

@all
Maaf untuk posting ini saya tidak bisa komen..satu2 ini isi hati sebenernya..
makasih Sobat.. dah baca dan mampir..

Post a Comment